Senin, Agustus 25, 2014

MUNIR CALON BINTANG BARCELONA

Lupakan sejenak nama besar Luis Suarez yang hijrah ke Barcelona pada musim panas ini. Publik Camp Nou saat ini tengah mabuk kepayang oleh aksi anak muda bernama Munir El Haddadi Mohamed.



Mencetak empat gol dari dua laga terakhir Barcelona di ajang pramusim, Munir makin membuat pelatih Barca, Luis Enrique, mempertimbangkannya bergabung bersama tim utama Blaugrana musim 2014/2015.

Yang terbaru, Munir berhasil mencetak gol spetakuler saat Barca menang 3-0 atas Elche pada laga pekan perdana La Liga 2014/2015, Senin (25/8) dinihari WIB.
Remaja 18 tahun itu secara mengejutkan diturunkan pelatih Barca, Luis Enrique, sebagai starter ketika Barca menjamu Elche di Nou Camp. Munir mendampingi Lionel Messi dan Rafinha di sektor penyerangan Barca.

Munir menjawab kepercayaan Enrique dengan langsung mampu melesakkan gol pada laga debut bersama tim senior Barca. Munir mencetak gol kedua Blaugrana.

"Saya sangat senang dengan debut saya, gol dan kerja sama tim. Sebuah kehormatan dapat mencetak gol di Nou Camp, bermain bersama Messi dan seluruh pemain tim utama," tutur Munir kepada Canal+.

Sinar Munir
Munir mulai bersinar kala Barcelona melakoni laga persahabatan bertajuk Joan Gamper Trophy di Camp Nou minggu lalu. Barcelona menang telak enam gol tanpa balas atas wakil Meksiko, Club Leon.
Munir yang berstatus sebagai pemain pengganti pada pertandingan itu sanggup melesakkan dua gol di babak kedua.

Gol pertama diciptakan pemain berusia 18 tahun itu pada menit ke-55. Publik Camp Nou sempat memberikan sambutan hangat kepada Suarez yang tampil perdana untuk Barcelona 15 menit sebelum laga usai.
Namun, mantan bomber Liverpool itu tampil kurang mengesankan sampai akhirnya Munir kembali mencuri perhatian Barcelonistas melalui gol keduanya di menit ke-78.

Seusai laga, Enrique memuji Munir atas performa gemilang yang ditampilkannya malam itu. Pelatih asal Spanyol ini mengaku puas dengan penampilan talenta mudanya selama mengikuti laga pramusim bersama tim senior Barca.

Namun, Enrique meminta Munir tidak lekas berpuas diri dan terus berkembang. Pelatih yang juga pernah membela Barcelona di era 90-an ini siap memberikan kesempatan kepada sang pemain untuk tampil di pertandingan resmi.

"Kami tahu Munir mempunyai kualitas. Seberapa jauh dia berkembang tergantung dirinya sendiri. Menyenangkan memiliki skuat cadangan seperti yang kami miliki," ujar Enrique

Sebelumnya, pada laga melawan HJK Helsinki di ajang yang sama, Munir juga tampil sebagai bintang lapangan dengan mencetak dua gol dan satu assist.

Gol pertama dilesakkan Munir pada menit kelima. Ia menyelesaikan umpan brilian Andres Iniesta dengan tembakan voli terarah.
Belum ingin meredakan kejutan, pemain keturunan Maroko ini kemudian menjadi penyodor assist kepada Sergi Roberto. Umpan satu-dua antara keduanya diakhiri dengan sepakan mulus Munir yang disebut-sebut sebagai gelandang berbakat El Barca.

Pemuda bernama lengkap Munir El Haddadi Mohamed ini lagi-lagi mencuri perhatian dengan gol keduanya pada menit ke-17. Kali ini ia melepaskan tandukan untuk menyambut umpan silang cantik Rafinha Alcantara.

Gabung Barcelona

Lahir di San Lorenzo de El Escorial, Madrid, Munir mengawali karir bersama Rayo Majadahonda dengan mencetak 32 gol dari 29 pertandingan. Karena penampilan ciamik yang ditunjukannya, pemain yang akan berulang tahun ke-19 pada 1 September nanti ini menarik minat dari sejumlah pihak seperti Real Madrid dan Manchester City.
Munir kemudian mengikuti trial bersama Atletico Madrid, tetapi akhirnya memutuskan untuk bergabung bersama akademi Barcelona pada 2011 lalu.

Munir menjalani debutnya bersama akademi Barca ketika menghadapi Ajax pada ajang Liga Eropa U-19. Kala itu ia berhasil mencetak 2 gol ke gawang Ajax dan kembali unjuk gigi kala bertemu Milan dan Copenhagen.

Pada partai final, Munir kembali mencetak gol sewaktu berhadapan dengan Benfica. Ia pun menyelesaikan turnamen dengan mencetak 11 gol dari 10 kali tampil

Pada awal 2014, Munir sempat dikaitkan dengan sejumlah klub besar Eropa seperti Arsenal, Paris Saint-Germain dan Bayern Muenchen. Namun, ia akhirnya memutuskan untuk memperpanjang kontraknya bersama Barca hingga Juni 2017 dengan klausul pelepasan kontrak senilai 12 juta euro.
Jumlah ini  akan meningkat menjadi 35 juta euro andaikan Munir bergabung dengan tim utama Blaugrana.

Tidak ada komentar: