Rabu, Desember 04, 2013

SUARA EMAS ISLAM MENANG DALAM PILKADA KABUPATEN ENDE 2013



Hasil penghitungan suara yang dikeluarkan KPU Kabupaten Ende menyebutkan pasangan Ir. Marsel Petu dan Djafar Achmad (Paket Marsel-Djafar) semain tak terkejar dalam perolehan suara sementara Pilkada Kabupaten Ende putaran kedua.

Data yang diperoleh Pos Kupang dari anggota KPU Kabupaten Endehasil perolehan sementara yang dientri dari berita acara model lampiran C1 sampai hari Selasa (3/12/2013) pukul 17.00 Wita, Paket Darmawan (Drs. Don Bosco Wangge-drg.Dominikus M.Mere, M.Kes) meraih 42.084 suara atau 44,92 persen dan Marsel-Djafar (Ir. Marsel Petu-Djafar Achmad) meraih 51.593 suara atau 55.08 persen. 

Total suara masuk 93.677 suara atau 57.03 persen dari 17 kecamatan. Empat kecamatan yang belum dientri, yakni Kecamatan Detusoko, Lio Timur, Wolowaru dan Kecamatan Ende. Walaupun kondisi minus empat kecamatan ini, hamper dapat dipastikan pasangan Marsel-Djafar tetap unggul untuk memenangkan Pilkada Ende tahun 2013 ini. 

KPU Ende dalam merekapitulasi data langsung melalui model C1 asli, tidak melalui telepon atau pesan singkat handphone (HP). Hal ini dilakukan untuk menjaga akurasi data. Petugas langsung turun ke setiap kecamatan menjemput model C1 untuk diinput di KPU Ende.

Menurut beberapa para analisis politik di Ende-NTT, dongkraknya suara paket Marsel-Djafar ini karena adanya kekuatan suara umat Islam Kabupaten Ende, dimana sebagaian besar suara Kota Ende dan sebagian Kabupaten Ende adalah mayoritas umat Islam yang mendukung salah satu pasangan calon wakil Bupati Djafar Achmad yang mewakili suara umat Islam Kabupaten Ende.

Suara umat Islam Kabupaten Ende untuk Pilkada tahun ini sangat berpengaruh, karena sebelumnya pasangan Bupati-Wakil Bupati yang masih menjabat saat ini Don Bosco juga memenangkan Pilkada Kabupaten Ende periode lalu dengan menggandeng Achmad Mochdar menjadi Wakil Bupati Ende yang nota bene mewakili suara umat Islam Kabupaten Ende.

Untuk Pilkada-Pilkada Kabupaten Ende di masa yang akan datang bukan mustahil suara dan kekuatan umat Islam akan sangat diperhitungkan dan diprediksi akan lebih mendominasi dalam Pilkada mendatang.

Tidak ada komentar: