Rabu, Juli 31, 2013

PROFIL PERKEMBANGAN IKATAN PERSAUDARAAN HAJI INDONESIA

Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (DPP IPHI) H. Kurdi Mustofa menyatakan gembira dan bersyukur organisasi yang dipimpinnya mendapatkan sambutan positif dari umat Islam yang berada di Provinsi Papua.
 
"Saya bangga dan bersyukur, saat ini sudah terbentuk kepengurusan IPHI di 15 kabupaten/kota dari 29 kabupaten/kota di Papua. Padahal saat peringatan ulang tahun IPHI ke-23 pada Juni 2013 dilaporkan baru terbentuk satu kepengurusan wilayah IPHI di provinsi itu," kata Kurdi saat memberikan sambutan sebelum peresmian Masjid Al-Mabrur di Jakarta.
 
Masjid Al-Mabrur yang dibangun di lantai 5 Gedung IPHI di kawasan Matraman Jakarta Timur diresmikan oleh Ketua Dewan Penasehat IPHI H. Try Sutrisno. Acara yang dilanjutkan dengan buka puasa bersama itu dihadiri oleh Ketua Dewan Pembina IPHI H. Djoko Santoso dan mantan Ketua Umum IPHI Dr. H. Sulastomo serta para pengurus IPHI lainnya. 
 
Menurut Ketua Umum IPHI, banyaknya kepengurusan IPHI di daerah-daerah di Papua menunjukkan bahwa kehadiran ormas itu mendapatkan sambutan baik dari umat Islam di provinsi itu. "Kepengurusan IPHI di 14 kabupaten lainnya di Papua belum terbentuk karena di daerah-daerah itu belum ada umat Islamnya," katanya. 
 
Ia juga mengemukakan, IPHI yang mempunyai anggota sebanyak 4,7 juta orang merupakan organisasi kebajikan yang bertujuan memelihara dan mengupayakan pelestarian haji mabrur guna meningkatkan partisipasi umat dalam pembangunan bangsa dan negara. 
 
IPHI juga terus memotivasi dan menggerakkan seluruh haji di Indonesia untuk bangkit mengambil peran dalam upaya meminimalisasi kesenjangan sosial dengan lebih mengedepankan "dakwah bilhal" (dakwah dengan perbuatan nyata) dibanding "dakwah billisan" (dakwah dengan lisan). 
 
"Alhamdulillah sampai sejauh ini sudah ada 480 kepengurusan daerah IPHI di seluruh Indonesia," kata Pimpinan IPHI yang juga mantan Sekretaris Pribadi (Sekpri) Presiden Susilo Bambang Yudhoyono itu.
Sementara itu Ketua Dewan Penasehat IPHI H. Try Sutrisno dalam sambutan persemian Masjid Al-Mabrur mengemukakan kegembiraannya terkait banyaknya kemajuan yang dicapai organisasi kebajikan itu dalam tiga tahun terakhir ini. 
 
"Saya salut. Setapak demi setapak IPHI terus mengalami kemajuan. Saya selanjutnya berharap seluruh pengurus IPHI bisa memberikan contoh yang baik bagi masyarakat luas sebagai cerminan dari kemabruran hajinya," kata mantan Wakil Presiden RI yang juga pernah menjadi Panglima ABRI itu.
Pada kesempatan tersebut Ketua Dewan Penasehat IPHI juga kembali mengajak seluruh pengurus dan anggota IPHI agar selalu melakukan introspeksi dan mengevaluasi diri sebagai bagian dari upaya yang sangat penting dalam rangka pelestarian haji mabrur. 
 
"Semoga kita tergolong haji mabrur dan tetap dapat menjaga kemabruran hajinya serta dapat membangkitkan kesadaran dan motivasi para haji agar mereka mampu berperan aktif dalam misi kebajikan dan pemberdayaan umat, selain membangun karakter IPHI dalam kebersamaan menuju keutuhan dan kemakmuran Indonesia," kata Try Sutrisno.

Tidak ada komentar: