Kamis, September 27, 2012

JAMAAH HAJI ENDE TAHUN 2012 MENCAPAI 80 ORANG

Kepala Seksi Urusan Agama Islam selaku Ketua Penyelenggara Bimbingan Manasik Haji, Hamidy Bara Ray dalam laporan mengatakan haji merupakan satu dari lima pilar dalam rukun Islam. Haji menjadi tujuan utama bagi umat muslim. Namun syaratnya, seorang jamaah haji harus memiliki istitho’ah (kemampuan) harta benda dan kemampuan fisik, serta memiliki pengetahuan akan ibadah haji.


“ Haji menjadi tujuan utama umat muslim. Kuota Haji Indonesia selalu penuh setiap tahun. Karena itu, para calon harus rela menunggu sekitar 5 sampai 19 tahun untuk bisa berangkat ke tanah suci. Mereka perlu dibekali guna memiliki kemampuan mental dan fisik, memahami spritualitas haji, tata cara manasik serta praktik lainnya.

Sebab, tanpa pengetahuan dan pemahaman, ibadah haji tersebut hanya menjadi ibadah rutinitas yang jauh dari kesempurnaan, “ kata Hamidy. Hamidy berharap kegiatan bimbingan manasik haji ini dapat meningkatkan pemahaman para calon jamaah serta memupuk ukhuwah islamiyah di dalam persaudaraan sesama jamaah.


Para calon jamaah haji yang mengikuti kegiatan bimbingan manasik haji tahun 1433 H atau tahun 2012 ini berjumlah 80 orang dengan rincinan, dari Kecamatan Wolowaru sebanyak 3 orang, Kecamatan Ndona 1 orang, Kecamatan Ende Timur 18 orang, Kecamatan Ende Tengah 5 orang, Kecamatan Ende Selatan 30 orang, Kecamatan Ende Utara 12 orang, Kecamatan Nangapanda 5 orang dan Kecamatan Pulau Ende sebanyak 6 orang.

Tidak ada komentar: