Kamis, Maret 12, 2015

AMANAH DARI SANG PENCIPTA

Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya Kami telah mengemukakan amanah kepada langit bumi dan gunung-gunung, semuanya enggan untuk memikul amanah itu dan mereka khawatir akan mengkhianatinya dan dipikullah amanah itu oleh manusia. Sesungguhnya manusia itu amat dzalim dan amat bodoh,” (QS. Al-Ahzab: 72).

DALAM ayat yang tertera di atas, Allah SWT memberikan suatu amanah kepada setiap penduduk langit dan bumi. Ternyata tidak semuanya mau untuk memikul amanah itu, dan hanya satu di antara mereka yang bersedia untuk memikulnya. Manusia, adalah satu-satunya makhluk yang siap dan bersedia memikul amanah dari Allah. Lalu, apa ya arti amanah dalam ayat ini?

Allah SWT mengemukakan amanah sebagai tawaran dan bukan tugas paksa, jadi yang ditawari berhak untuk menerima atau menolak. Enggan untuk memikul amanah bukan berarti langit, bumi dan gunung-gunung itu menentang, tetapi khawatir kalau tidak mampu melaksanakannya.
Langit, bumi dan gunung-gunung memilih menjadi makhluk Allah yang menjalani perintah saja dan bukan makhluk yang mempunyai kemampuan memilih. Manusia menerima amanah Allah itu, yaitu pilihan.

Manusia kurang menghitungkan kemampuan dirinya bahwa dia akan menghadapi godaan dan rayuan hidup. Oleh karena itu, Allah SWT menyebut sifat manusia, “Sesungguhnya manusia itu amat dzalim dan amat bodoh.”

Seolah-olah Allah SWT berfirman kepadanya, “Hai manusia janganlah bersifat bangga ketika memikul amanah, tetapi kenalilah dirimu sendiri saat melaksanakan amanah (tugas) itu.”
Manusia memperebutkan kedudukan dan jabatan tetapi dia akan tahu dirinya dan mengukur kemampuannya sendiri saat melaksanakan amanah itu. Maka dari itu, ketika kita diberi amanah ukur dulu kualitas diri kita. Apakah kita mampu atau tidak. Jika memang dalam diri kita mempunyai potensi yang dapat dikembangkan, ambillah amanah itu dengan baik dan penuh kesungguhan dalam melaksanakannya. Wallahu ‘alam.

[Sumber: Anda Bertanya Islam Menjawab/Karya: Prof. Dr. M. Mutawalli asy-Sya’rawi/Penerbit: Gema Insani]

Tidak ada komentar: