Selasa, Januari 22, 2013

MAULID NABI MUHAMMAD SAW - 1434 HIJRIYAH

Kesuksesan Nabi Muhammad SAW dalam hal agama dapat dilihat hingga hari ini. Buktinya, umat Islam di dunia saat ini mencapai lebih dari 1,7 miliar orang.
Rasulullah SAW membawa Islam sebagai agama perdamaian, yang tidak memusuhi kecuali dimusuhi.

Sebab itu, setiap muslim selalu berlomba untuk mencintai Nabi Muhammad. Soalnya, Nabi Muhammad menjanjikan syafaat bagi umatnya dan salah satu upaya umat Islam mencintai Rasulullah adalah menggelar Maulid Nabi.

Dengan perayaan itu kita mendapat ilmu dan pencerahan untuk semakin mencintai Nabi Besar Muhammad SAW. Sementara dalam hal pemerintahan, Rasulullah mengenalkan sistem konstitusi pertama di dunia dengan adanya Piagam Madinah. Sebuah sistem yang menghargai keberagaman dan minoritas. Itulah sistem konstitusi modern pertama di dunia.

Masyarakat Indonesia biasa menggelar perayaan pada satu momentum. Salah satu momentum itu juga ada di Maulid Nabi dan perayaan Maulid Nabi adalah bagian dari kebiasaan bagus masyarakat Indonesia.

Memeringati Maulid Nabi, berarti memeringati kebesaran dan kesuksesan Nabi Muhammad SAW. Dan dua hal kesuksesan yang masih dikenang adalah sukses dalam agama dan pemerintahan.

Peringatan kelahiran Nabi Muhammad SAW bermakna besar bagi pembentukan pribadi serta keimanan seorang muslim dan sebagai upaya membangkitkan ketahanan mental yang tinggi serta membangkitkan semangat perjuangan dakwah Islam yang bertujuan membebaskan manusia dari kezaliman menuju cahaya.

Tidak ada komentar: