Selasa, Agustus 10, 2010

RAMADHAN EXPO KOTA KUPANG 2010

Ketua Panitia Expo Ramadhan Kota Kupang tahun 2010, Anwar Hajral, yang dihubungi di Kupang Minggu, mengatakan, kegiatan yang dilakukan dengan melibatkan siswa TK hingga SMP itu, bertujuan untuk memperkenalkan serta mengajak anak-anak Muslim Kota Kupang untuk berpuasa sebagai salah satu kewajiban agama di bulan suci Ramadhan.

Selain memperkenalkan dan mengajak anak-anak Muslim untuk berpuasa, kegiatan Expo Ramadhan itu juga bertujuan untuk menyiapkan fisik anak-anak Muslim menyambut puasa di bulan suci Ramadhan yang segera akan tiba.

Anak-anak kita ajak dan kita siapkan fisiknya untuk berpuasa di bulan suci Ramadhan, kata Hajral.

Dia mengatakan, banyak kegiatan yang diramu dalam Expo Ramadhan 2010, di antaranya, pemberian pemahaman tentang pentingnya berpuasa dengan sejumlah permainan, perlombaan, pemberian santunan kepada orang tua dan anak-anak yang membutuhkan, serta kegiatan donor darah.

Namun khusus untuk kegiatan donor darah, batal dilakukan karena PMI Kota Kupang yang sudah dihubungi tidak bersedia datang melakukan aksi donor, kata Hajral.

Terhadap pembatalan sepihak yang dilakukan oleh PMI Kota Kupang tersebut, menurut Hajral telah membuat kecewa panitia, para peserta donor yang sudah mendaftar serta umat Muslim Kota Kupang.

Menurut dia, kegiatan donor darah yang telah dirancang panitia tersebut, dimaksudkan untuk memberikan tambahan stok darah bagi PMI Kota Kupang, agar bisa disalurkan kepada masyarakat pasien yang membutuhkan darah disaat melakukan perawatan kesehatan.

Terhadap rencana kegiatan donor darah tersebut, lanjut dia, para peserta yang sudah siap untuk melakukan donor sebanyak 80 orang, namun karena dibatalkan, maka para peserta harus balik ke rumahnya dengan kecewa.

Hajral berharap agar ulah PMI Kota Kupang ini tidak lagi terjadi pada waktu-waktu mendatang, sehingga tidak berpengaruh terhadap kinerja serta fungsi PMI sebagai penampung dan penyimpan darah bagi pasien.

Kegiatan Expo Ramadhan ini menurut dia, dilakukan selama satu hari penuh, dan terpusat di Masjid Raya Kota Kupang.

Tidak ada komentar: