Minggu, Juni 27, 2010

MENGENANG KERAJAAN ISLAM RIUNG KABUPATEN NGADA NTT

Riung merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Ngada yang terletak di pantai utara Flores. Dari Bajawa ibukota kabupatan Ngada dapat ditempuh dalam waktu 2 jam dengan kendaraan. Riung sebelumnya merupakan satu-satunya kerajaan islam di Flores, dan tidak pernah di jajah oleh bangsa atau suku manapun di Flores. Kerajaan Riung dipimpin oleh seorang raja bernama Ismail Petor Sila. Adapun batas-batas wilayah kerajaan Riung sebagai berikut:
Sebelah barat, Manggarai dengan batas alamnya Alo Mola; sebelah Selatan, Kecamatan Bajawa dan Kecamatan Soa dengan batas alamnya kali Kolopenu; Sebelah Timur Mbay Rungang (desa Nggolonio dan desa sekitarnya), dan batas sebelah Utaranya adalah laut Flores dan Sulawesi.
Sekarang Kecamatan Riung telah dimekarkan menjadi 3 kecamatan yakni, Kecamatan Riung dengan ibukotanya Riung, Kecamatan Riung Barat dengan ibukotanya Maronggela, dan Kecamatan Riung Selatan dengan ibukotanya Wangawelu. Adapun wacana untuk pembentukan Kecamatan Riung Timur dan Riung Tengah yang saat ini dalam tahap persiapan.
Riung merupakan daerah pesisir pantai di kabupaten Ngada, pulau Flores Nusa Tenggara Timur, dimana jumlah penduduknya tidak begitu banyak dan jumlah penduduk untuk seluruh kabupaten Ngada kurang lebih sekitar 250.000 jiwa, dengan mata pencarian penduduk sebagain besar adalah nelayan. Daerah ini dapat kita tempuh dengan kendaraan mobil dari Kota Ende dengan jarak tempu perjalanan sekitar 4 jam.
Setelah menyusuri pesisir Riung maka kesan kesederhanaan begitu sangat terlihat dari kehidupan masyarakat sekitar dan rumah-rumah penduduk berjejeran seperti rumah panggung yang ditutupi oleh rangkaian potongan bambu dengan atap beralaskan daun pohon rumbia dan seng.
Perjalanan tak hanya terhenti melihat kehidupan yang begitu sederhana saja, tetapi daerah sekitar pesisir Riung menyimpan berbagai keindahan alam yang sangat luar biasa yang dikenal dengan sebutan “Taman Wisata Laut 17 Pulau”, yang akan membuat mata kita semakin terpana.

1 komentar:

Kupang mengatakan...

L.S.;

I would like to contact the raja family Petor Sila,or the raja Ismail Petor Sila of Riung for my research about the kerajaan Riung and to exchange info about it.
Thank you to help me.

Salam hormat:
DP Tick gRMK
secr. Pusat Dokumentasi Kerajaan2 di Indonesia "Pusaka" Vlaardingen/Holland pusaka.tick@tiscali.nl http://kerajaan-indonesia.blogspot.com