Jumat, Juni 12, 2015

CIRI SAHABAT ALQURAN



Ada banyak kisah yang menggambarkan betapa para sahabat Nabi SAW begitu mencintai Alquran. Rasa cinta mereka tak dapat ditandingi oleh siapa pun. Alquran bagi mereka sudah mendarah daging.


Sehari saja tidak membacanya, seperti ada kerugian yang begitu besar. Penghayatan mereka tatkala membaca Alquran begitu tinggi. Tak sedikit mereka akan bercucuran air mata saat membacanya.


1.Siti Aisyah meriwayatkan, “Abu Bakar (ayahnya) adalah seorang lelaki yang mudah menangis. Beliau tidak mampu menahan air mata ketika membaca Alquran” (HR. Bukhari).


2.Umar bin Khatthab juga demikian. Dari 'Abdullah bin Syaddad bin Had mengatakan, “Aku pernah mendengar Umar membaca surah Yusuf dalam shalat Subuh dan aku mendengar isakannya. Aku berada di akhir shaf. (Isakannya saat) beliau sedang membaca (QS Yusuf [12]:86): “Sesungguhnya hanyalah kepada Allah aku mengadukan kesusahan dan kesedihanku”.


3.Anas bin Malik jika sudah mendekati dalam mengkhatamkan Alquran pada malam hari, beliau menyisakan sedikit dari bacaan Alquran hingga ketika Subuh hari beliau mengumpulkan keluarganya dan mengkhatamkannya bersama (HR Darimi).


Kisah-kisah di atas membuktikan bahwa Rasulullah SAW telah berhasil membimbing mereka menjadi generasi Qurani, yang mana hidup mereka dinaungi Alquran. Apa yang mereka lakukan selalu berdasarkan petunjuk Alquran.


Semoga kita bisa meneladani generasi sahabat ini dalam mencintai dan menadaburi Alquran. Amin. Wallahu a'lam bisshawab.


(oleh: M Iqbal Dawami)

Tidak ada komentar: